Friday, July 27, 2012

Ampar-Ampar Pisang

Lagu daerah Kalimantan Selatan


Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak bigi di hurung bari-bari
Masak bigi di hurung bari-bari

Manggalepak manggalepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
apinya cang curupan

Nang mana batis kutung
Dikitipi dawang (2x)

Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak bigi di hurung bari-bari
Masak bigi di hurung bari-bari








* kalau ada salah kata atau salah ketik mohon koreksinya - terima kasih

[ Lirik Lagu Ampar-Ampar Pisang - lagu daerah Kalimantan Selatan, ada di http://liriknusantara.blogspot.com/2012/07/ampar-ampar-pisang.html ]

62 comments:

  1. kalau gk tau gk usah sok tau

    ReplyDelete
  2. SEBIJI COY BUKAN BIGI LOL

    ReplyDelete
  3. Komen juga:
    tentang "sabigi" dan "sabiji" itu sama.. untuk warga di "5benua" (istilah untuk 5wilayah di Kalsel), umumnya dulu melafalkan "sabiji" itu dengan "sabigi" yang berarti sebuah atau sebiji. jadi bagi teman2 netter gak usah memberikan komen yang "negatif" dong... jadilah netter yang dewasa dan menghargai karya orang lain. Salam Indonesia.

    ReplyDelete
  4. COY JGN BNYK BACOT P.A

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. nih ane kasih tau film bagus namanya "Alpha House" tapi inget kalo mau nonton ni film harus di youtube atau di Ganool.com

    ReplyDelete
  7. bengkok dimakan api apinya cang curupan itu 2kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. lain cangcurupan tapi cang hurupan artinya api berkobar kecil tapi stabil

      Delete
    2. Lain cang hurupan , mn ad istilah cang hurupan, ng bujur tu sing kurupan atau ka kurupan (terlalu kurup) , kurup = api kecil yg sekarat mau mati haha

      Delete
  8. Semoga Lagu2 Tradisional di indonesia tetap di kenang oleh anak2, cucu2, dan keturunan kita,,, dan semoga yang Komen dgn bhasa2 yang tdak mendidik / sopan bisa merubah sikap dengan tatanan bahasa yg baik dan sopan,,

    ReplyDelete
  9. dikitip bidawang...nang itu paribahasa kami, mun ada nang mangaras,berarti buhan kam lain urang pahuluan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ya am ..... biasa amun lain urang banjar asli tuh ngalih kalo mnuliskan kata katanya klo..... nah am sudah ppada komen sebrataan

      Delete
  10. Saya sangat sukai lagu - lagu tradisional Indonesia. Kebudayaan Indonesia adalah kebanggaan kita semua. Terima kasih untuk lirik Ampar Ampar Pisang!

    ReplyDelete
  11. yang benar sabiji bukan bigi, sabiji itu = satu buah, kalo bigi = biji, jadi beda bahasa. salam dari orang banjar asli :)

    ReplyDelete
  12. dan yang benar "dikitip bidawang" bukan "dikitipi dawang"
    dikitip = di gigit
    bidawang = bulus.
    jadi artinya:
    "nang mana batis kutung dikitip bidawang" = yang mana kaki putung, di gigit bulus.
    salam dari orang banjar asli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh donk di share arti utuhnya dr awal smp akhir lagu. Terimakasih

      Delete
  13. Ampar ampar pisang lagu yang saya senangi tolong di update juga lirik lagu daerah AMbon Maluku min, Trimakash

    ReplyDelete
  14. lirik lagu daerah Ampar- ampar pisang sudah terkenal sampai di luar negeri

    ReplyDelete
  15. vania auberta widya dhanaJanuary 31, 2017 at 7:20 AM

    masak sebiji bukan masak biji

    ReplyDelete
  16. Celeng kresek hitam yg buat blog tolol

    ReplyDelete
  17. Celeng kresek hitam yg buat blog tolol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngaca dlu yaaa
      Oh iya lupa kalo lu ngaca kan kaca pecah

      Delete
  18. Ayuha ayuha buhan pian ni urang mana garang? Jangan pina bacakut papadaan.

    ReplyDelete
  19. nah ya klo urang banjar datang sdah,,,,baabut bannar buhannya nih..... nah tatamu sudah hehehhehehehehhe

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. Tong ngoceh bae,salah mah wajar manusia,jngan sok sempurna lo anonymous.

    ReplyDelete
  22. SELAMAT DATANG DI WWW.TOKO4D.NET
    *** 1 USER ID UNTUK SEMUA GAME ***
    SPORTBOOK | LIVECASINO | E-GAMES | TOGEL | POKER | SABUNGAYAM
    Toko4d Tersedia 8 Pasaran Terbaik...
    Discount : 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 66%
    www.prediksitogeltoko4dd.blogspot.com
    - Singapore
    - Sydney
    - Hongkong
    - Magnum4d
    - Kuching
    - Wales
    - Serbia
    - Petaling
    Promo Terbaru TOKO4D.NET :
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit Sportbook 30% Setiap Hari
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Cashback Sabungayam 15%
    - Bonus Cashback Sportbook 15%
    - Bonus Cashback E-Games 20%
    - Bonus Cashback Mixparlay 100%
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT TOKO4D.NET 24 JAM ONLINE
    Pin BBM : D8AEF213 | 2BAA30F5
    LINE : TOKO4D
    WECHAT : TOKO4DCS1
    SKYPE : TOKO4D
    GMAIL : toko4d@gmail.com
    WA +855973820012

    Togel Online
    Kasino Online
    Agen Sabung Ayam
    Judi Casino
    Agen Casino
    Agen Togel
    Judi Togel
    Agen Judi
    Judi Online
    Judi Casino
    Agen Casino
    Judi Bola
    Agen Bola

    ReplyDelete
  23. Salam Sukses Untuk Semuanya...
    AYOOO...!!!!!

    Bagi yang Suka Main Poker Uang Asli
    Ayo Gabung Bersama Kami Di Wayangpoker
    MENANG maupun KALAH Tetap mendapatkan Bonus Setiap Hari
    Wayangpoker Situs terpercaya yang sudah lama berada diantara kita semua.
    Minimal DEPOSIT CUKUP DENGAN Rp,20.000
    Minimal WITHDRAW CUMA Rp.40.000
    BBM : 2BE326CC
    WWW.WAYANGPOKER.POKER

    ReplyDelete
  24. jangan biarkan kehilangan kesemptan anda mendapatkan bonus terpopuler dari donacopoker
    dan dapatkan uang jutaan rupiahnya
    Agen poker online
    Agen poker online
    Judi Kartu Online
    bandar qq donacopoker
    agen judi kartu online yang memberikan kenyamanan dan permainan yang lengkap
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  25. jangan biarkan kehilangan kesemptan anda mendapatkan bonus terpopuler dari donacopoker
    dan dapatkan uang jutaan rupiahnya
    Agen poker online
    Agen poker online
    Judi Kartu Online
    bandar qq donacopoker
    agen judi kartu online yang memberikan kenyamanan dan permainan yang lengkap
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  26. Kesalahan lirik yg sdh mendarah daging; untuk bait 'cang curupan' kami sbg warga suku asli banjar tdk mengenal kata atau istilah cang curupan, bait lirik sesungguh ny adalah ka kurupan atau sing kurupan yg berarti terlalu kecil nyala api ny , kurup berarti tdk terang atau tdk besarnya nyala api (api kecil). Maaf komen soal ny kuping agak gmn gitu dgr kata cang curupan haha

    ReplyDelete
  27. Replies
    1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

      Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
      Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
      kepada Mbah Dewa saya sudah kerja sebagai TKI
      selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
      Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
      Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
      Saya mengetahui situs mbah Dewa sebenarnya sdh lama
      dan jg nama besar Beliau
      tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
      dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
      apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
      Saya bilang saya terlantar disingapur
      tidak ada ongkos pulang.
      dan mbah dewa menjelaskan persaratanya.
      setelah saya kirim biaya ritualnya.
      beliau menyuruh saya untuk menunggu
      sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
      dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
      apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
      dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
      gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
      angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
      dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH
      sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
      Buat MBAH,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik MBAH.
      Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
      Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
      Hub; Mbah DEWA BHARATA di; 0823 1655 5388

      Atau kunjungi Situs Resmi Beliau Klik Di Bawah

      Klik=> BOCORAN TOGEL HARI INI






      salam JP
      ----------



















      Bpk. Indra Nasution Dari medan

      SALAM KENAL SEMUA...!!!

      "Inilah kisah nyata kami. tampa rekayasa"
      Terlebih dahulu saya sekeluarga mengucapkan banyak Trimakasih Kepada Bapak KH.Fatullah Harun
      Yang tlah membantu kami sekeluarga. Syukur "ALHAMDULILLAH" Hal yg tidak pernah terbayangkan
      dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti sekarang ini.
      Munkin dulu akulah orang paling terpuruk masalah ekonomi, karna tidak punya pekerjaan tetap
      dan kebutuhan keluarga selalu kekurangan.
      Dan suatu saat saya mau pinjam uang kepada tetangga kami yang lebih mampu.
      dan tetangga saya menyarankan untuk minta bantuan kepada "Bpk. haji"
      katanya dia dulu juga dibantu sama beliau melalui (PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL)
      Dan alhamdulillah bisa seperti sekarang.orang paling sukses dikampung kami
      Saya pun minta nomor telpon pak KH.Fatullah Harun dan pulang kerumah untuk menghubunginya
      menceritakan penderitaan kami sekeluarga dan Alhamdulillah beliau bersedia membantu kami
      Dengan -PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL- Inilah pertama kalinya Saya melihat uang sebanyak ini
      kami sudah bisa bayar hutang-hutang kami dan sudah bisa buka usaha dan Alhamdulillah sampai sekarang
      kami bisa menjadi orang sukses berkat bantuan Bpk. KH.Fatullah Harun
      inilah kisah nyata kami Tampa REKAYASA.
      Mudah-mudahan kisah hidup kami. bisa membantu saudara/saudari semua:

      ----------KH.Fatullah Harun....AHLI SPIRITUAL---------------
      Bisa membantu permasalahan anda sebagai berikut dibawah ini:

      1. PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL
      2. TRANSPER JANIN / ABORSI AMAN TAMPA DI SENTUH
      3. PINJAMAN DANA GAIB
      4. PELET PEMIKAT LAWAN JENIS

      Atau lebih jelasnya Hubungi:
      KH.Fatullah Harun no.Hp: 0823 5221 8228 whatsApp: 082352218228

      kunjungi WEB resmi beliau di bawah ini:
      Klik=> AHLI SPIRITUAL TERPERCAYA






      terimakasih yg punya room

      Delete
  28. Ampar-Ampar Pisang dalam Mutiara Khatulistiwa
    https://www.youtube.com/watch?v=xRmY1HA7y_8

    ReplyDelete
  29. Lagu jaman sekolah dulu dipelajari,,
    Untuk yg ingin download mp3 lagu ampar ampar pisang bisa berkunjung ke,,

    Download Lagu mp3

    Download mp3 Lagu

    Download mp3 gratis

    ReplyDelete